Latest News

Mengetahui Besaran Arus Charger atau Powebank pada Samsung Galaxy


Seringkali kita mengecas Android kita dalam waktu yang sangat lama agar bisa penuh. Bahkan sampai 4-5 jam baterai kita belum penuh. Mungkin baterai kita sudah soak sehingga lama untuk penuh, atau mungkin arus listrik yang mengalir terlalu kecil.

Untuk beberapa tipe Android Samsung Galaxy antara lain :
- Galaxy S5
- Galaxy Note
- Galaxy S4
- Galaxy S III
- Galaxy Note II
Sudah tersedia aplikasi di Play Store untuk mengukur besaran arus charger ataupun sumber charge yang lain misalnya arus dari PC/Laptop dan Powerbank.

Dengan aplikasi ini tentu memudahkan kita mengetahui besar arus sehingga dapat segera diambil langkah mengatasinya. Beberapa faktor yang menyebabkan arus lemah antara lain dari arus listrik, charger, atau kabel charger. Biasanya yang paling utama adalah kabel charger. Jadi misalnya ketika dicharge arus yang muncul kurang dari batas normal, silakan coba ganti kabel, kalau masih tetap kecil ganti dengan charger yang lain.
Adapun arus yang mengalir terlihat pada tampilan Reference. Usahakan agar arus yang tercantum mendekati arus yang tertera pada charger bawaan Samsung Galaxy Anda. Berikut saya berikan gambar hasil charge dua kabel berbeda dengan kepala charge yang sama dengan output 2A.
Galaxy Charging Current
Charger Samsung Note II 2A


Galaxy Charging Current
Tampilan kabel 1



Galaxy Charging Current
Tampilan Kabel 2

Dari gambar di atas terlihat bahwa dua kabel berbeda menghasilkan arus yang berbeda, padahal sumber listrik dan charger sama. Hal ini bisa disebabkan karena ada pin yang lepas pada ujung kabel charger.
Aplikasi Galaxy Charging Current juga bisa dipakai untuk mengecek arus listrik yang keluar dari powerbank, jadi Anda bisa memakai aplikasi ini pada saat membeli powerbank. Pilihlah yang memiliki arus yang mendekati arus yang tertera pada charger bawaan Android Galaxy Anda. Sehingga proses pengisian tidak terlalu lama.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.abmantis.galaxychargingcurrent.free&hl=en



0 Response to "Mengetahui Besaran Arus Charger atau Powebank pada Samsung Galaxy"